JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI ISI SOLO

WE ARE BLENDING & FUSING, WITHOUT ANY BOUNDARIES

PENDAFTARAN & BEASISWA

PENDAFTARAN MAHASISWA BARU

JURUSAN ETNOMUSIKOLOGI ISI SOLO TAHUN 2010

A. Jalur Penerimaan Reguler (JPR)

Jalur penerimaan reguler adalah sistem penerimaan mahasiswa baru ISI Surakarta yang dilakukan dengan cara calon mahasiswa melakukan pendaftaran secara langsung kepada Sekretariat Panitia SPMB di Kampus ISI Surakarta atau melakukan pendaftaran online pada waktu yang telah ditentukan, dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Persyaratan Pendaftaran:

a. Fotocopy Surat Tanda Tamat Belajar (STTB)/Ijazah atau Surat Tanda Kelulusan (STK) SMK/SMU/MA yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah sebanyak 1 (satu) lembar.

b. Fotocopy Daftar Nilai Ujian Nasional (DANUN) atau DANEM yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah sebanyak 1 (satu) lembar.

c. Fotocopy rapor kelas XII semester ganjil dan genap beserta sampul dan data identitas rapor lengkap yang dilegalisasi oleh Kepala Sekolah sebanyak 1 (satu) lembar.

d. Fotocopy piagam penghargaan atas prestasi bidang seni atau ekstrakurikuler lainnya (bila ada), yang telah dilegalisasi Kepala Sekolah.

e. Surat Keterangan Kesehatan dari dokter (ditambah keterangan tidak buta warna untuk pilihan program-program studi di lingkungan Fakultas Seni Rupa dan Desain).

f. Pasfoto terbaru hitam putih ukuran 4 x 6 sebanyak 4 (empat) lembar.

2. Mekanisme Pendaftaran Langsung

a. Calon mahasiswa pelamar melakukan pengambilan formulir pendaftaran.

b. Calon mahasiswa pelamar mengisi formulir pendaftaran.

c. Calon mahasiswa pelamar membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000,- secara langsung di tempat pendaftaran.

d. Calon mahasiswa pelamar mendaftarkan diri dengan menyerahkan kembali formulir pendaftaran beserta lampirannya, meiputi:

  • Fotocopy Surat Tanda Tamat Belajar (STTB)/Ijazah atau Surat Tanda Kelulusan (STK) SMK/SMU/MA yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah sebanyak 1 (satu) lembar.
  • Fotocopy Daftar Nilai Ujian Nasional (DANUN) atau DANEM yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah sebanyak 1 (satu) lembar.
  • Fotocopy rapor kelas XII semester ganjil dan genap beserta sampul dan data identitas rapor lengkap yang dilegalisasi oleh Kepala Sekolah sebanyak 1 (satu) lembar.
  • Fotocopy piagam penghargaan atas prestasi bidang seni atau ekstrakurikuler lainnya (bila ada), yang telah dilegalisasi Kepala Sekolah.
  • Surat Keterangan Kesehatan dari dokter (ditambah keterangan tidak buta warna untuk pilihan program-program studi di lingkungan Fakultas Seni Rupa dan Desain).
  • Pasfoto terbaru hitam putih ukuran 4 x 6 sebanyak 4 (empat) lembar.

3. Mekanisme Pendaftaran Online

Tahapan dalam melakukan pendaftaran online adalah:

a. Tahap persiapan

a.1. Calon mahasiswa pelamar melakukan Pembayaran Biaya Pendaftaran sebesar Rp. 200.000,- dengan transfer bank ke rekening ISI Surakarta, Bank Jateng dengan nomor rekening: 1-002-04649-0.

a.2. Calon mahasiswa pelamar menyiapkan berkas kelengkapan pendaftaran sebagai berikut:

  • Fotocopy Surat Tanda Tamat Belajar (STTB)/Ijazah atau Surat Tanda Kelulusan (STK) SMK/SMU/MA yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah sebanyak 1 (satu) lembar.
  • Fotocopy Daftar Nilai Ujian Nasional (DANUN) atau DANEM yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah sebanyak 1 (satu) lembar.
  • Fotocopy rapor kelas XII semester ganjil dan genap beserta sampul dan data identitas rapor lengkap yang dilegalisasi oleh Kepala Sekolah sebanyak 1 (satu) lembar.
  • Fotocopy piagam penghargaan atas prestasi bidang seni atau ekstrakurikuler lainnya (bila ada), yang telah dilegalisasi Kepala Sekolah.
  • Surat Keterangan Kesehatan dari dokter (ditambah keterangan tidak buta warna untuk pilihan program-program studi di lingkungan Fakultas Seni Rupa dan Desain).
  • Pasfoto terbaru hitam putih ukuran 4 x 6 sebanyak 4 (empat) lembar.File hasil scan Bukti Transfer Bank untuk biaya pendaftaran ISI Surakarta.

b. Tahap Pendaftaran Online.

  • Calon mahasiswa pelamar, mengakses situs ISI Surakarta: http//www.isi-ska.ac.id.
  • Calon mahasiswa pelamar mengakses tombol “Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru 2010 Online”.
  • Calon mahasiswa pelamar mengisi masing-masing kotak yang tersedia di halaman Regristrasi Online tersebut.
  • Khusus pada point Lampiran, calon mahasiswa pelamar memasukkan (upload) file-file yang telah disiapkan di Tahap I diatas.
  • Calon mahasiswa pelamar memeriksa ulang dengan teliti setiap item Form tersebut.
  • Calon mahasiswa pelamar meng “klik” Daftar.

B. Jalur Prestasi Akademik dan Seni (JPAS).

Jalur Prestasi Akademik dan Seni (JPAS), adalh sistem seleksi penerimaan mahasiswa baru ISI Surakarta yang dilakukan dengan cara bekerjasama dengan SMTA asal calon mahasiswa untuk melaksanakan penelusuran prestasi akademik dan pengalaman seni siswa. Seleksi penerimaan mahasiswa baru dilaksanakan dengan Tanpa Test atau Bebas Test bagi siswa kelas XII SMU/SMK/MA yang berprestasi dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Persyaratan

a.  Siswa kelas XII SMU/SMK/MA Negeri maupun suasta terakreditasi.

b.  Menduduki rangking kelas (berdasarkan rapor) 1 s/d 10; dan atau pernah menjadi juara 1 s/d 3; atau juara harapan lomba kesenian atau jurnalistik tertentu siswa SMTA tingkat Kota/Kabupaten/Propinsi/Nasional; dan atau memiliki kemampuan di bidang seni tertentu.

c.  Surat pengantar atau Rekomendasi dari Kepala Sekolah untuk keperluan ini.

2. Cara Pendaftaran.

a. Calon mahasiswa pelamar mengambil formulir pendaftaran yang disediakan di kampus ISI Surakarta, atau pada sekolah-sekolah tertentu yang ditunjuk, dan dapat juga diunduh di situs: www.isi-ska.ac.id atau pada guru seni di sekolah masing-masing.

b. Calon mahasiswa pelamar mengisi formulir pendaftaran yang dapat dilakukan secara manual maupun online.

c. Calon mahasiswa pelamar membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000,- secara langsung di tempat pendaftaran atau dengan transfer bank ke rekening ISI Surakarta pada Bank Jateng dengan nomor rekening: 1-002-04649-0 (bagi pendaftar online).

d. Calon mahasiswa pelamar mendaftarkan diri dengan menyerahkan kembali formolir pendaftaran beserta lampirannya, meliputi:

  • Pendaftaran dapat dilakukan secara kolektif melalui guru seni pada masing-masing sekolah.
  • Pengembalian formulir pendaftaran beserta lampirannya dimasukkan pada stopmap berwarna biru untuk fakultas seni pertunjukan, dan warna Hijau untuk fakultas Seni Rupa dan Desain (bagi pendaftaran non online).
  • Bagi pendaftar online, semua berkas dan lampiran persyaratan dibuat dalam file hasil scan, dan berkas aslinya dibaa pada saat pendaftaran ulang setelah dinyatakan diterima (lihat tatacara pendaftaran online pada JPR).

Keterangan Lain

  1. Seleksi penerimaan calon mahasiswa baru didasarkan pada kelengkapan berkas administrasi yang dikirimkan oelh siswa pelamar.
  2. Calom mahasiswa pelamar dinyatakan diterima setelah dinyatakan lulus seleksi administrasi dan lulus ujian nasional.
  3. Hasil seleksi JPAS akan diumumkan secara resmi melalui sekolah, atau dapat dilihat pada situs: www.isi-ska.ac.id.
  4. Syarat dan prosedur daftar ulang (heregristrasi) akan disampaikan dalam surat pengumuman hasil seleksi tersebut.
  5. Calon mahasiswa pelamar hasil seleksi JPAS akan diusulkan untuk memperoleh beasiswa pada tahun pertama studi.

place.d.doc
gapura perahu, ISI Solo

BEASISWA

Beasiswa bagi mahasiswa Jurusan Etnomusikologi, meliputi kategori beasiswa tetap dan temporer. Untuk kategori beasiswa tetap meliputi 3 jenis, yakni :

1. Beasiswa Supersemar, dari Yayasan Supersemar Indonesia. Diberikan secara khusus bagi kategori mahasiswa yang kurang mampu.

2. Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), dari DIPA. Diberikan untuk mahasiswa dengan prestasi akademik yang bagus.

3. Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM), dari DIPA. Diberikan secara khusus bagi kategori mahasiswa yang kurang mampu.

4. Beasiswa PPE. Sumer dari Pusat.

5. Beasiswa BIDIKMISI.

Khusus untuk jenis beasiswa PPA dan BBM (dari DIPA), diberikan sebanyak dua kali dalam setiap tahun. Pertama; Terhitung sejak calon mahasiswa baru dinyatakan lolos tes dan masuk menjadi mahasiswa Jurusan Etnomusikologi, setiap individu secara kompetitif berhak mendapatkan dua jenis beasiswa DIPA yang khusus dibrikan untuk mahasiswa baru dengan kuota 8 s/d 10 orang setiap tahunnya. Kedua; Khusus bagi mahasiswa lama (dibawah semester X), beasiswa diberikan setiap tahun sekali dengan kuota 8 s/d 10 orang.

Untuk kategori temporer, mahasiswa Jurusan Etnomusikologi juga mendapatkan beberapa beasiswa dari sumber-sumber lain, seperti:

1. Beasiswa Bantuan Khusus Mahasiswa (BKM), dari pemerintah pusat. Diberikan setiap tahun dengan kuota 12 orang.

2. Beasiswa Pemerintah Propinsi Jawa Tengah. Diberikan setiap tahun dengan kuota 1 orang.

Ketentuan atau persyaratan untuk mendapatkan beasiswa, didasarkan atas pertimbangan indeks prestasi (semester & komulatif), keaktifan dalam organisasi mahasiswa, serta pertimbangan status/tingkat ekonomi. Penyeleksian penerima beasiswa, sepenuhnya diatur secara otonom oleh Jurusan Etnomusikologi ISI Solo.

2 Tanggapan to “PENDAFTARAN & BEASISWA”

  1. muhammad fajar afiatno said

    saya mahasiswa angkatan 2003…ingin tau informasi hibah atau beasiswa penelitian mahasiswa S-1 adakah dari kampusss…pak? hp. 081 393 88 22 99

    • Tahun kemarin memang ada hibah penelitian untuk mahasiswa secara kelompok. Tahun ini belum ada. Pemberitahuan akan disebarluaskan jika hal tersebut telah ada nantinya. Saudara Fajar A, anda juga diingatkan untuk segera memenuhi syarat keadministrasian Jurusan. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: